Kata Pengantar Makalah, Laporan, Proposal, Skripsi (Karya Ilmiah)

Kata pengantar adalah teks yang terdapat di halaman awal karya tulis, berisi ucapan terima kasih dari penulis. Teks ini juga berisi sedikit penjelasan mengenai isi karya tulis dan tujuan ditulisnya karya tersebut. Kata pengantar berisi hal yang telah dilakukan pengarang atau penulis untuk menyelesaikan karyanya. Kata pengantar juga berisi keterangan siapa saja yang telah membantu penulis dalam penyusunan karya tersebut. Kata pengantar terdapat di karya tulis ilmiah, seperti makalah, skripsi, novel, buku, dan lainnya.

Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:
Teks Eksposisi
Teks Prosedur

Tujuan kata pengantar

Membantu pembaca mengetahui isi karya tulis, merupakan fungsi kata pengantar. Hal ini karena, selain berisi ucapan terima kasih, kata pengantar juga merupakan gambaran umum dari karya tersebut. Kata pengantar dapat meningkatkan minat pembaca untuk mengetahui lebih lengkap mengenai karya tersebut. Kata pengantar dalam suatu karya tulis dibuat sebagai rasa hormat penulis kepada para pembaca, yang didalamnya berisikan ucapan dari penulis atas keberhasilannya dalam menyelesaikan tesis, skripsi, ataupun makalah penelitian.

Struktur kata pengantar

Kata pengantar disusun menggunakan kalimat efektif, dengan tujuan agar pembaca mudah memahami isi dari kata pengantar. Berikut struktur penulisan kata pengantar.

1. Pembukaan

Bagian pembukaan kata pengantar terdapat pada paragraf pertama dan kedua. Bagian ini berisi ucapan syukur penulis atau tim penyusun atas terselesaikannya karya tulis tersebut. Ucapan terima kasih diawali dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan dan dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung dan membantu penulisan karya tulis tersebut. Umumnya diurutkan berdasarkan jabatan dan tingkat keterlibatan orang yang bersangkutan pada penyelesaian makalah. Misalnya, untuk tugas sekolah, ucapan terima kasih disampaikan kepada guru kelas yang memberikan tugas, teman-teman, dan pihak lain yang membantu.

2. Isi

Bagian ini berupa gambaran isi karya tulis, umumnya dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis. Kemudian, dilanjutkan dengan pembahasan dan proses penulisan karya tulis tersebut. Karya tulis dijelaskan secara singkat padat dan jelas pada bagian isi kata pengantar.

3. Penutup

Bagian penutup berisikan kalimat permintaan maaf jika ada kesalahan dalam penulisan gelar, nama, atau isi dari karya tulis. Permohonan maaf ditujukan bila di kemudian hari ditemukan beberapa kesalahan dalam penulisan.

Bagian ini juga berisikan harapan penulis atau penyusun karya, agar karya tersebut dapat bermanfaat untuk orang banyak. Harapan tersebut berisikan beberapa pandangan atau potensi lebih lanjut dari topik yang diangkat dalam karya tulis.

Penulis atau penyusun umumnya memiliki keterbatasan lingkup pembahasan, padahal topik tersebut memiliki beberapa sisi menarik yang dapat dibahas untuk menjadi karya tulis lainnya. Bagian harpan tersebut dapat menjadi upaya penulis memberikan pandangan kepada pembaca, sehingga topik yang telah diangkat bisa dikembangkan dalam bentuk penelitian atau pembahasan yang baru dengan sudut pandang berbeda.

Kata pengantar hendaklah berisi hal-hal berikut.

  1. Penjelasan mengenai tujuan penulis menulis atau menyusun karya tulis ilmiahnya tersebut, serta alasan dipilihnya bidang tersebut.
  2. Pertanggungjawaban mengenai cara karya tersebut disusun, yang digambarkan secara umum.
  3. Ungkapan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah berjasa selama penyusunan karya ilmiah tersebut.
  4. Harapan-harapan penulis tentang manfaat dari karyanya, baik itu untuk diri pribadi, pembaca, maupun untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Hal yang perlu dihindari ketika menulis kata pengantar

  • Menulis teks kata pengantar terlalu panjang dan lebih dari dua halaman .
  • Mencatumkan ucapan terima kasih kepada banyak orang
  • Menulis kata pengantar dengan bahasa informal.

Contoh Kata Pengantar

Bacalah contoh kata pengantar dan strukturnya berikut untuk memudahkanmu memahami penulisan kata pengantar.

1. Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Penulis mengucapkan terima kasih kepada guru bahasa Indonesia selaku guru pembimbing dalam tugas ini karena telah membantu kelancaran dalam pembuatan karya tulis ini. Kepada orang tua yang telah membantu dan bemberi pengertian dalam melaksanakan tugas ini dan kepada teman-teman yang telah memberikan dukungan dan semangat.

Dalam rangka memenuhi Tugas Bahasa Indonesia maka karya tulis ini dibuat dengan judul “Pentingnya Membaca dalam Kehidupan”. Mengapa penulis mengambil judul tersebut karena saat ini budaya membaca sudah menjadi hal yang jarang dilakukan bagi sebagian masyarakat terutama remaja. Oleh sebab itu, penulis berharap dengan adanya karya tulis ini dapat meningkatkan budaya membaca bagi masyarakat terutaman remaja Indonesia

Penulis mengaharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan karya tulis ini. Selain itu, penulis berharap agar karya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan tercapainya tujuan dari penulisan karya tulis ini.

contoh kata pengantar makalah

Sumber gambar: wikimedia.org

Struktur kata pengantar tersebut terdiri atas pembukaan, isi, dan penutup.

  • Pembukaan

Pembukaan kata pengantar terdapat pada paragraf satu, yang berisi ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada guru, orang tua, dan teman-teman.

  • Isi

Bagian isi terletak pada paragraf kedua, yang menjelaskan judul makalah yang dibuat, isi, dan tujuan dari penulisan makalah tersebut.

  • Penutup

Pada bagian penutup atau paragraf terakhir, penulis mengucapkan permintaan maaf atas kekurangan dalam penulisan makalah. Selain itu, juga berisi harapan penulis terhadap penulisan makalah.

Bacalah contoh-contoh kata pengantar berikut dan identifikasilah strukturnya.

2. Contoh Kata Pengantar Laporan

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan kegiatan yang berjudul “Membuat Apotek Hidup di Lingkungan Sekolah” dapat terselesaikan.

Terima kasih kepada Bapak Solikin yang telah membantu dan membimbing kami dalam menyelesaikan laporan ini. Kepada teman-teman yang telah mendukung dan membantu kami sehingga dapat bersama-sama menyelesaikan tugas ini.

Kami menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penulisan laporan ini. Oleh sebab itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk menjadi acuan bagi penyusun untuk menjadi lebih baik lagi.

Semoga laporan kegiatan ini dapat menambah wawasan para pembaca dan dapat bermanfaat untuk perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan.

Jakarta, 22 Maret 2019

Penyusun

3. Contoh Kata Pengantar Proposal

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kami selaku Panitia Festival Bulan Bahasa menulis proposal kegiatan ini bertujuan untuk meminta persetujuan Dekan Fakultas untuk pelaksanaan acara.

Acara Festival Bulan Bahasa ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bulan Bahasa pada tanggal 28 Oktober 2019.

Dalam penyusunan proposal ini, kami menyadari bahwa proposal ini masih banyak kekurangan karena pengetahuan dan pengalaman penulis yang terbatas. Kami mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak untuk kelancaran dan terciptanya acara yang lebih baik.

Depok, 20 Agustus 2019

Sekretaris Acara

4. Contoh Kata Pengantar Skripsi (Karya Ilmiah)

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan skripsi ini tepat waktu. Skripsi ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana Humaniora dalam Program Studi Indonesia, Universitas Indonesia. Saya menyadari skripsi ini tidak akan terwujud tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu.

Terima kasih kepada Bapak Sartuni, M. Hum. selaku dosen pembimbing yang sudah menyediakan waktu, pikiran, dan perhatiannya untuk mengarahkan saya dalam penyusunan skripsi ini. Kepada Bapak Dr. Christomy dan Ibu Dr. Hartanti selaku penguji dalam penulisan skripsi ini, saya ucapkan terima kasih atas arahan dan masukan yang telah diberikan. Terima kasih kepada Ibu Munawarah, M. Hum., selaku pembimbing akademik yang telah memberi arahan di sepanjang studi saya. Terima kasih kepada semua dosen Program Studi Indonesia yang sudah membekali ilmu yang bermanfaat.

Kepada keluarga saya yang selalu mendoakan keberhasilan anaknya dan menjadi tempat saya berkeluh kesah. Kepada kakak-kakak saya yang sudah membantu saya sehingga dapat sekolah hingga kuliah dan menjadi sarjana. Kepada sepupu-sepupu saya yang selalu menghibur dan menyemangati saat menyusun skripsi ini.

Terima kasih kepada sahabat saya yang selalu mendoakan, membantu, dan memberi semangat, serta berbagi cerita dan kebahagiaan. Kepada Amanda dan Fitri yang sudah membantu, menemani, dan sama-sama berjuang menyelesaikan skripsi. Kepada Dinda, Anisa, Raudra, dan Rabbbani yang selalu mendampingi saya selama empat tahun ini dalam keadaan suka dan duka.

Akhir kata, terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu, tetapi menjadi bagian yang mendukung saya dalam menyelesaikan skripsi ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas semua kebaikan kalian. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan bagi orang banyak.

Jakarta, 19 Mei 2019

Penulis

Artikel: Kata Pengantar Makalah, Laporan, Proposal, Skripsi, Kaya Ilmiah
Kontributor: Nidia Rahma, S.Hum.
Alumni Sastra Indonesia FIB UI

Materi StudioBelajar.com lainnya:

  1. Teks Eksplanasi
  2. Contoh Daftar Pustaka
  3. Konjungsi