Teks Biografi

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi merupakan suatu bentuk teks yang memuat kisah atau cerita tentang seorang tokoh dalam kehidupannya sendiri, baik berupa kekuatan, masalah, maupun kelemahan yang ditulis oleh seseorang sehingga tokoh tersebut dapat menjadi panutan bagi banyak orang. Seringkali, biografi menampilkan orang-orang terkenal, orang-orang sukses, atau orang-orang yang memainkan peran utama dalam hal-hal yang menyangkut kehidupan banyak orang. Selain itu, biografi berisi tentang identitas dan peristiwa yang dialami seseorang, termasuk pekerjaan dan penghargaan yang mereka terima serta masalah yang mereka hadapi.

Membaca biografi dapat menjadi informatif dan dapat menjadi panutan sehingga dapat menjalani hidup lebih baik sendiri dan memperkaya hidup dengan karya-karya yang berguna untuk diri Anda dan orang lain. Tak hanya itu, tujuan lain dari teks biografi adalah untuk mendidik masyarakat tentang semua aspek peran. Uraian identitas dari sosok yang diangkat biografinya meliputi nama, tanggal dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, riwayat pendidikan, dan riwayat organisasi yang diikuti. Sementara itu, Uraian peristiwa yang dialami tokoh mencakup peristiwa-peristiwa dalam mengharumkan nama negara, mengembangkan karier, atau memperjuangkan kehidupan. Selain itu, uraian masalah meliputi hambatan atau tantangan yang dihadapi karakter dalam mencapai tujuan dan cita-citanya.

Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:
Proposal Kegiatan
Teks Persuasif
Teks Eksplanasi

Ciri-Ciri Teks Biografi

Teks biografi memiliki beberapa ciri, antara lain

  1. Memuat informasi berbasis fakta tentang tokoh-tokoh yang dinarasikan dalam bentuk naratif.
  2. Berisi pengalaman hidup karakter sebelum menyelesaikan masalah hingga akhirnya berhasil sehingga akan menjadi panutan.
  3. Memiliki struktur yang jelas.

Jenis-Jenis Teks Biografi

Jenis-Jenis teks biografi dilihat berdasarkan sisi penulis, isi, persoalan yang dibahas, dan penerbit.

  1. Berdasarkan sisi penulis terdiri menjadi dua hal
    • Autobiografi, biografi yang ditulis oleh tokohnya sendiri.
    • Biografi, suatu bentuk teks, memuat cerita atau cerita tentang tokoh, baik berupa kekuatan, masalah, maupun kelemahan yang ditulis oleh orang lain.
  2. Berdasarkan penulisan terdiri menjadi dua hal
    • Authorized Biography, biografi yang ditulis dengan izin atau diketahui oleh karakter yang akan ditulis kisah hidupnya.
    • Unathorized Biography, biografi yang ditulis tanpa izin penulis dan tanpa mengetahui tokoh yang akan ditulis kisah hidupnya. Seringkali, biografi jenis ini ditulis karena karakternya telah meninggal.
  3. Berdasarkan Isinya
    • Biografi riwayat hidup, berisi tentang perjalanan hidup lengkap tokoh atau cuplikan dari bagian yang dianggap memiliki kesan.
    • Biografi karier, yang berisi perjalanan karier tokoh dari awal hingga saat ini, atau mungkin jalur karier menuju kesuksesan.
  4. Berdasarkan Persoalan yang DIbahas
    • Biografi politik, menuliskan kehidupan seorang tokoh bangsa dari perspektif politik. Biografi semacam ini mengumpulkan informasi dari berbagai penelitian. Namun, biografi politik biasanya tidak dapat dipisahkan dari kepentingan penulis atau orang yang diminta untuk menulis biografi tersebut.
    • Biografi Intelektual, jenis biografi ini hampir sama dengan biografi politik, kesamaannya adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari berbagai penelitian, tetapi perbedaannya terletak pada pemakaian ragam bahasa yang ditulis dalam ragam ilmiah.
    • Biografi berbasis jurnalistik didapat dari hasil wawancara dengan narasumber yang akan ditulis atau yang dikenal sebagai bahan pembantu cerita.
  5. Berdasarkan Penerbit
    • Buku sendiri, biografi dari tokoh dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulis, pencetakan, dan pemasaran dengan biaya sendiri. Biografi ini dimaksudkan untuk laku di pasaran atau menarik perhatian publik.
    • Buku subsidi, pembiayaan buku dan biaya produksi penulisan biografi ini ditanggung sponsor. Dari segi komersial, jenis biografi ini biasanya tidak dijual, atau harganya terlalu mahal jika untuk dikomersialkan.
Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:
Kerajaan Mataram Kuno
Fungsi Komposisi
Rumus Simple Past Tense

Struktur Teks Biografi

Teks biografi memiliki struktur yang tersusun atas

  1. Orientasi

Tahapan ini merupakan bagian dari bagaimana tokoh dikenalkan, yang berisi tentang pendeskripsian awal tokoh dalam teks bigorafi.

  1. Peristiwa dan Masalah

Tahap ini adalah uraian peristiwa atau bagian dari peristiwa yang dialami oleh tokoh. Selain itu, tahapan ini berisi cerita dalam proses pemecahan masalah, baik berupa sisi menarik, menegangkan, dan bahkan kesedihan, hingga peristiwa tokoh  yang mengesankan sehingga memungkinkannya untuk mewujudkan impian, keinginan, dan kesuksesannya.

  1. Re-orientasi

Tahap ini adalah bagian akhir yang berisi pandangan pengarang tentang tokoh yang dinarasikan. Bagian ini hanya opsional, jadi mungkin ada atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Teks biografi memiliki kaidah kebahasaan, antara lain:

1. Tanda Hubung (Konjungsi)

Konjungsi adalah kelas kata yang berfungsi sebagai penghubung antara satu kata dengan kata lainnya dalam sebuah kalimat, dan sebagai penghubung antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Jika konjungsi digunakan sebagai konjungsi kata-kata dalam sebuah kalimat, konjungsi tersebut disebut konjungsi intrakalimat, contoh: dan , tetapi, lalu, kemudian, sedangkan, tetapi, melainkan, dsb.

Jika konjungsi berfungsi menghubungkan suatu kalimat dengan kalimat lain, maka konjungsi tersebut disebut dengan konjungsi antarkalimat, contohnya padahal, akan tetapi, di samping itu, sementara itu, dsb.

2. Rujukan Kata

Rujukan  kata adalah kata yang memiliki rujukan yang disebutkan pada bagian sebelumnya. Dilihat dari rujukannya, kata rujukan terbagi menjadi beberapa bagian:

  1. Kata rujuk benda atau hal, contohnya: Ini, itu, tersebut, dsb.
  2. Kata rujuk tempat, contohnya: Di sana, di situ, di sini, dsb.
  3. Kata rujuk orang, contohnya: Dia, Beliau, Anda, dsb.
  4. Peristiwa, waktu, dan tempat

Dalam teks biografi, terdapat beberapa kata yang menunjukkan kejadian, waktu, dan tempat yang dialami oleh tokoh tersebut.

3. Kata Kerja

Kata kerja (verba) adalah sekelompok kata yang menggambarkan apa yang dilakukan tokoh. Kata kerja dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berdasarkan bentuk dan jenisnya.

  • Kata Kerja Dasar

Kata kerja dasar adalah kata kerja yang tetap dalam bentuk aslinya, yang artinya tidak diawali, di-sufiks, atau disisipkan.

  • Kata Kerja Imbuhan

Kata kerja imbuhan adalah kata kerja tambahan berupa prefiks, sufiks atau penyisipan.

Contoh :

  • Awalan = me + ambil (kata kerja dasar)
  • Awalan = meng + adil (kata kerja dasar) + i (akhiran)
Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya:
Passive Voice
Kerajaan Gowa Tallo
Persamaan Garis Lurus

Contoh Teks Biografi

Orientasi:

Dia adalah legenda sepak bola dunia dari Argentina pada tahun 1980. Dia adalah Diego Armando Maradona, lahir di Buenos Aires, Argentina pada tanggal 30 Oktober 1960. Maradona menempati posisi penyerang tambahan dan gelandang ofensif di lapangan. Saat itu, Maradona menjadi ikon masyarakat Argentina. Namun tak hanya Argentina, dunia juga mengenalinya sebagai makhluk di bumi, dengan tarian uniknya di alam liar yang bernama sepak bola.

Peristiwa dan Masalah

Debutnya dimulai pada tahun 1976, saat bermain untuk Argentine Youth Club. Setahun kemudian, ia melakukan debut internasionalnya di Timnas Argentina. Pada tahun 1981, dia ditransfer  oleh Boca Juniors Club seharga 1 juta pound. Di tahun pertama bergabung, ia langsung menghadiahkan trofi kepada Boca Junio, yaitu Campeonato Metropolitano. Kemudian pada tahun 1982, dia berpindah ke FC Barcelona seharga £ 3 juta dan menetapkan rekor dunia. Namun, setelah bergabung dengan FC Barcelona, dia harus istirahat sekitar satu tahun karena cidera berat. Dengan klub Catalan ini, Maradona memenangkan Copa del Rey, yang juga merupakan awal perkembangan legendaris di Eropa.

Selanjutnya, Maradona pindah ke Napoli SSC pada tahun 1984, memimpin tim untuk memenangkan kejuaraan Serie A untuk pertama kalinya dalam sejarah Napoli (1986/87, kemudian 1989/1990). Selain itu, dia membantu Napoli memenangkan Coppa Italia pada tahun 1987. Setahun kemudian (musim 88/89), Napoli mengalahkan Stuttgart untuk memenangkan Piala UEFA.

Penampilan luar biasa Maradona adalah saat Piala Dunia 1986 di Meksiko, Argentina memenangkan kejuaraan dunia untuk pertama kalinya di Piala Dunia 1978. Di Piala Dunia Meksiko, Maradona mencetak gol terbaik yang pernah ada, saat Argentina bertemu Inggris di perempat final. Saat itu, Maradona menggiring bola dari lini tengah kemudian melewati 5 pemain Inggris, mengalahkan kiper kenamaan Inggris Peter Hilton. Sayangnya, dalam pertemuan itu, Maradona juga melakukan gol yang sangat buruk. Gol ini tercipta dengan bantuan kedua tangan, dan Maradona mengatakan itu adalah hasil bantuan “tangan Tuhan”. Dia akhirnya mengakui hal itu dilakukan dengan sengaja pada 22 Agustus 2005.

Pada tahun 1991, Maradona terbukti menderita doping dan diskors selama 15 bulan. Setelah dibebaskan, dia kembali dengan Sevilla, tetapi dipecat setahun kemudian. Dia kemudian kembali ke Argentina dan memainkan 5 pertandingan dengan Newell’s Old, tetapi dilarang bermain selama 15 bulan lagi karena doping yang terbukti di Piala Dunia 1994.

Pada 2008, Maradona secara tak terduga terpilih sebagai pelatih kepala timnas Argentina. Apalagi dalam debutnya sebagai pelatih baru tim Tango, Maradona sukses mengantarkan timnya menumbangkan Skotlandia 1-0 di Glasgow. Maradona juga menunjuk gelandang Atletico Madrid Maxi Rodriguez (Maxi Rodriguez) sebagai kapten baru timnas.

Artikel: Teks Biografi
Kontributor: Adip Prasetyo, S.Hum.
Alumni Sastra Indonesia FIB UI

Materi Bahasa Indonesia lainnya di StudioBelajar.com: